Peningkatan Hasil Dan Mutu Produksi Karet

Peningkatan Hasil Dan Mutu Produksi Karet

PupukKaret - Tetes – tetes getah pohon karet (Hevea brasiliensis) menjadi sangat berharga ketika teknologi mampu mengubahnya menjadi aneka barang industri. Berbagai Negara pun lalu mengusahakan karet sebagai tanaman perkebunan.Di Indonesia total luas perkebunan karet mencapai tiga juta hektar. Sayangnya perkebunan yang luas ini belum optimal produksinya dengan kata lain tidak memiliki pengaruh yang besar terhadap perkaretan dunia. Buktinya, Negara Malaysia dan Thailand dengan luas perkebunan yang lebih sempit mampu menyaingi produksi karet alam Indonesia. Bukan hanya dalam hal jumlah produksi tersaingi, tetapi juga menyangkut rendahnya mutu dan kualitas produksi karet alam Indonesia di pasaran dunia.

Indonesia pernah menguasai pasaran karet alam Internasional pada era pasca – Perang Dunia II. Waktu itu boleh dikatakan sebagian besar dipasok oleh Indonesia (sebagai produsen karet utama dunia). Sayangnya posisi tersebut tidak diikuti dengan langkah – langkah penunjang seperti :
  1. pengelolaan kebun karet dikatakan kurang baik;
  2. perluasan kebun karet kurang dilakukan;
  3. peremajaan tanaman – tanaman karet tua hampir tak dipikirkan;
  4. penyadapan yang berlebihan / teknik penyadapan;
  5. situasi politik dalam negeri masih kurang stabil;
  6. lembaga penelitian karet Malaysia berhasil  menemukan klon – klon baru yang memiliki  kemampuan produksi jauh di atas jenis – jenis  karet yang diusahakan di Indonesia;
  7. kualitas sumber daya manusianya.
Harus diakui hasil dan mutu produksi karet alam Indonesia masih rendah. Sekiranya masih mengharapkan devisa terus mengalir dari tetes getah pohon karet maka peningkatan hasil dan mutu produksi harus dilakukan, bagaimana caranya?
Itu semua tidak terlepas dari penanganan perkebunan karet, pengelolaan serta pengolahan yang baik.

    Lima kriteria yang harus dimiliki oleh klon unggul, baik dalam bentuk benih, kayu okulasi, stum mata tidur, maupun bibit dalam polybag adalah :
  1. Mempunyai pertumbuhan awal yang cepat sehingga mampu berkompetisi dengan gulma  dan tanaman lain;
  2. Mampu beradaptasi dengan keadaan lahan terutama padang alang – alang dan lahan gundul;
  3. Mempunyai pertumbuhan batang besar, lurus dan mutu kayu baik;
  4. Mampu memproduksi lateks yang tinggi, dan
  5. Tidak sensitive terhadap penyadapan dan perubahan lingkungan fisik atau biologis.
Jenis – jenis klon yang memenuhi dalam kriteria diatas adalah:
  • Avros 2037
  • BPM 1
  • BPM 107
  • RRIM 712
  • RRIC 100
  • RRIC 102
  • RRIC 110
  • RRIC 120
  • IAN 873 dan
  • TM 8.
Klon-klon yang dianjurkan sebagai batang bawah adalah klon GT 1. LCB 1320 dan AVROS 2037. Tanaman untuk batang bawah ditanam 1 – 1,5 tahun sebelum diokulasi. Biji yang baik diambil dari kebun induk khusus maupun dari areal produktif biasa yang menghasilkan biji. Berbeda dengan batang bawah yang harus dari biji, batang atas dapat diambil dari tanaman yang berasal dari biji, okulasi atau lainnya yang sudah tua.Tanaman batang atas harus diketahui asalnya untuk mempermudah menentukan hasil akhir okulasi. Dari batang atas inilah akan dihasilkan sadapan yang baik. Klon anjuran untuk karet rakyat di daerah kerja Balai Penelitian Perkebunan Karet Medan adalah GT 1, PR 107 dan AVROS 2037

Lingkungan yang Diinginkan Tanaman Karet

Agar tanaman karet dapat tumbuh dengan baik dan menghasilkan lateks yang optimal, maka harus diperhatikan syarat-syarat lingkungan yang diinginkan tanaman ini. Lingungan yang diinginkan tanaman karet adalah:
  1. Ketinggian antara 1 – 600 meter dp
  2. Curah hujan antara 2.000 – 2.500 mm setahun
  3. Suhu harian rata-rata 25-30°C
  4. Cocok di tanam di daerah-daerah tropis
  5. Derajat keasaman  (pH) yang paling cocok antara 5-6l
  6. Topografi tanah datar dan tidak berbuki-bukit, dimana nantinya memudahkan penyadapan dan pengangkutan lateks.
            Hasil sampingan lain dari perkebunan karet yang selama ini kurang dimanfaatkan hingga nyaris terbuang – buang begitu saja adalah biji karet. Dilihat dari komposisi kimianya, ternyata kandungan protein biji karet terhitung tinggi. Semua asam amino esensial yang dibutuhkan terkandung di dalamnya. Agar biji karet dapat dimanfaatkan, maka harus diolah terlebih dahulu menjadi konsentrat.

            Dari keterangan di atas setidak – tidaknya pengusaha atau petani rakyat harus mampu memperbaiki produksi , baik jumlah maupun mutu, sehingga bisa menunjang  perkembangan usaha di masa datang. Campur tangan pemerintah juga sangat diharapkan agar tidak terjadi kelebihan produksi yang akan menyebabkan harga karet menjadi rendah.

Sumber: http://ditjenbun.pertanian.go.id/

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Peningkatan Hasil Dan Mutu Produksi Karet"

Posting Komentar